Liburan di Yogyakarta

Sebelum liburan di Yogyakarta saya sudah berlibur di Jakarta, ya meskipun gagal masuk Monas dan Masjid Istiqlal, untuk ceritanya bisa lihat disini. Berbeda dengan di Jakarta, liburan di jogja kali ini sangat seru dan memuaskan ada beberapa obyek wisata yang kami kunjungi.

sumber: www.pesonaindo.com

Berikut adalah persiapan dan apa yang saya lakukan di Yogyakarta:

Liburan ini sudah kami rencakan dari jauh-jauh hari. Akhirnya kami putuskan untuk berlibur ke Yogyakarta pada awal November 2106, Selain karena tidak terlalu jauh dari Madiun, Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pamitan ke Mas Dian

Setelah beberapa hari menginap di rumah Mas Dian akhirnya sudah tiba saatnya untuk saya dan Airul pamitan.

Pada hari selasa pagi kami berpamitan ke Mas Dian dan keluarga. Pagi-pagi sekali kami di antar Mas Dian ke Stasiun Sudimara dengan mobil beliau, tepat pukul 05:00 kami sampai di Stasiun Sudimara, ini juga kali pertama saya naik Kereta KRL.

sumber: maeshare.blogspot.com

Setelah pesan tiket kami menunggu KRL, kereta KRL datang sekitar 05.30. Karena kami datang awal di Stasiun Sudimara jadi saat itu masih sepi, lama kelamaan orang orang mulai datang hingga memenuhi Stasiun Sudimara. Satu demi satu saya perhatikan orang-orang tersebut, ternya rata-rata dari mereka dalah para pekerja dan pelajar.

KRLpun datang, tanpa saya sadari saya ikut berlarian masuk kereta mengikuti penumpang lain. Di dalam KRL ternyata sangat ramai, orang-orang saling berdesak-desakkan, saling berpegangan pada handle di bagian atap gerbong, luar biasa, inilah sedikit sisi sibuknya kota Jakarta yang saya lihat langsung pagi itu.

Kami berhenti di Stasiun Palmerah, di stasiun ini saya lihat orang-orang berlari lari untuk berganti kereta lain.

Abang Gojek yang kami pesan sudah menunggu di samping pintu keluar stasiun, cuma butuh waktu kurang lebih 10 Menit untuk sampai ke Stasiun Gambir.

Naik Kereta

sumber: breakingnews.co.id

Setelah sampai di Stasiun Gambir kami langsung mencari sarapan dan beberapa bekal untuk dibawa ke kereta. Kereta berangkat jam 07:30 sambil nunggu kereta kami menunggu di minicafe yang ada di samping stasiun. Pukul 07:00 kami begegas masuk stasiun dan print tiket kami, tak lama pemberitahuan bahwa kereta yang akan kami segera berangkat sudah terdengar.

Langsung dari ruang antrian kami masuk menuju kereta, kami cari tempat duduk kami. Bismillah pukul 07.35 kereta dari Stasiun Gambir berangkat menuju Jogjakarta.

Perjalanan cukup panjang, seperti biasa langsung tancepin headset ke kuping dan putar langu faviorit.

Sampai di Yogyakarta

sumber: blog.anekahotelmurah.com

Akhirnya pukul 15:30 kami sampai di Yogyakarta setelah kurang lebih 8 jam di dalam kereta.Beberapa teman sudah menunggu di Stasiun Yogyakarta. Tak tunggu lama kami langsung saya memesan taxi yang ada di depan Stasiun Yogyakarta. Jarak Penginapan yang kami sewa tak begitu jau dari Stasiun Yogyakarta, Penginapan kami berada tak jau dari Malioboro.

Masuk ke Penginapan

Setelah menunjukkan bukti booking  dari traveloka kepada resepsionis, kami diperlisahkan masuk dan ditunjukkan kamar yang akan kami tempati beberapa hari kedepan. Kamar yang penginapan yang kami sewa berada di lantai 5, ruangannya cukup luas, dan ada balqon yang menghadap ke kota Yogyakarta bagian timur. Jadi pada malam hari kami bisa melihat kelap kelip lampu kota Yogyakarta, Mantab.

Setelah kamar bisa ditempati, Saya langsung mandi dan istirahat sejenak, karena malamnya teman-teman berencana  main ke Malioboro.

Malioboro

Karena sudah tidak sabar untuk menikmati keinadahan kota Yogyakarta pada malam hari kami semu sepakat untuk mengunjungi Malioboro. Pukul 19:30 kami memesan beberapa ojek online untuk mengantar kami ke Malioboro. Ternyata cukup padat juga lalu lintas kota Yogya di malam hari, beberpa kali kami mengalami kemacetan meskipun tidak separah yang di Jakarta kemarin.

Setelah sampai di Malioboro kami langsung saja melakukan hal wajib, apalagi kalau bukan foto-foto.

Jadi kami menyusuri jalan Malioboro dengan berjalan kaki. Memang sangat seru sekali berjalan kaki malam hari di Malioboro banyak hal menarik yang kam lihat di Malioboro ini diantaranya banyak pedagang,  aksesoris dan aneka makanan khas Yogya. Yang paling menarik adalah Musisi jalanan yang mengcover lagu lalu jaman sekarang dengan menggunakan alat musik tradisional seperti Angklung dan Kendang, jika anda belum tahu bisa search di Youtube, banyak kok videonya.

Setelah kami capek keliling jalan di Malioboro kami sempatkan minum wedhang ronde sebelum memutuskan untuk balik ke penginapan.

Akhirnya  pada pukul 22:00 kami memutuskan untuk kembali ke penginapan dan langsung istirahat karena keesokan harinya banyak temapat yang akan kami kunjungi.

Hutan Pinus Imogiri

Pagi itu kami bangun cukup pagi dan melakukan persiapan untuk bepergian ke obyek wiasata yang sudah kami rencanakn sebelumnya yakni ke Hutan Pinus Imogiri.Kami menyewa beberpa motor untuk kami gunkan untuk bepergian.

SIngkatnya setelah kami sarapan tepatnya pada jam 09:00 kami berangkat menuju ke hutan pinus Imogiri. Hutan Pinus Imogiri berada tak jauh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 12 km, waktu yang kami tempuh tak sampai 1 jam untuk mencapai lokasi.

Kami sampai di Hutan Pinus Imogiri sekitaran pukul 10:00, cuaca saat intu tidak terlalu mendukung karena sedikit mendung. Kesan pertama kami yakni kagum dan memuiji kepada Allah yang telah menciptakan alam, pemandangan di Hutan Pinus Imogiri sangatlah indah dan asri walaupun saat itu sedang mendung.

Cukup lama kami menikmati wisata Hutan Pinus di Imogiri, sampai waktu menunjukkan pukul 11:30 kami segera bergegas untuk mencari tempat sholat Duhur dan melanjutkan perjalanan ke obyek wisata selanjutnya.

Makan Siang di Bukit Bintang

Ditengah perjalanan kami berhenti disebuah warung makan, kami hanya memesan beberapo minuman saja karena tujuan kami sebenarnya hanya untuk numpang sholat di Musholla warung tersebut. Setelah istirahat sebentar pada pukul 13:00 kami melanjutkan perjalanan menuju ke Candi Prambanan. Rute yang kami ambil yakni dari arah imogiri langsung menembus ke arah Prambanan yakni melawati bukit-bukit yang indah, rute ini kira kira sepanjang 25km.

Sepanjang perjalanan yang kami lalui sangat mengasikkan karena bisa terlihat dengan jelas pemandangan kota Yogyakarta dari atas. Hingga akhirnya kami merasa lapar dan mencari tempat makan. Banyak sekali warung warung di sepanjang jalan, Akhirnya kami memilih warung yang menurut kami tepat yakni kami bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dengan jelas.

sumber: dreamgedejogja.blogspot.com

Beberapa menu menu telah kami pesan, sambil menunggu pesanan kami jadi, kami sibuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa, kota Yogyakarta dapat terlihat dengan skala yang kecil dari tempat ini.

Waktu sudah menunjukkan jpukul 15:00,setelah selesai makan kami melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan yang jaraknya sudah tidak jauh lagi dari tempat kami makan tadi.

Candi Prambanan

Pukul 15:35 kami telah sampai di candi prambanan, langsung saja kami tidak mau buang-buang waktu. Kami langsung menuju loket dan membeli tiket, tak beberapa lama setelah mengantri kami  dapat memasuki area Candi Prambanan.

Ternyata di dalam area candi sudah ramai sekali dengan para wistawan, baik wisatawan lokal maupun asing. Kami mulai menyusuri setiap sudut candi, bahkan kami juga memasuki satu candi.

Tak lupa kami mengambil beberapa foto hehehe, lumayan untuk kenang-kenangan. Saat itu cuaca sangat bagus terang tetapi tidak terlalu panas membuat kami betah berlama lama di dalam are candi, hingga waktu menunjukkan pukul 17:00 kami segera bergegas meninggalkan Candi Prambanan.

Setelah keluar area Candi Prambanan kami mampir di warung bakso yang ada di luar area candi, cukup lama kami menikmati makanan hingga waktu menunjukkan pukul 18:00 dan kami memutuskan untuk kembali ke penginapan. Sesampainya di penginapan kami langsung istirahat dan tidur karena sudah capek naik motor seharian.

Kami merasa puas liburan pada hari itu. Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang kami kunjungi di Yogyakarta saat itu, dilain kesempatan mungkin akan saya ceritakan, sampai jumpa..